Jumat, 27 Februari 2015

MAGIC LANTERN (ML) UNTUK CANON 1100D



Hallo all!!!
Saya mau share lagi nih, mumpung lagi rajin ngetik hehe...
Beberapa hari yang lewat, saya gak sengaja baca artikel tentang Magic Lantern alias (ML) untuk foto, sempat binun juga sih, soalnya yang terlintas dipikiran saya Magic Lantern itu superhero penjaga galaksi yang tubuhnya berpendar warna ijo, tapi pas ingat warna ijonya saya langsung nyadar kalo yang superhero itu namanya “green lantern”^^

So, saya terusin nyari tau soal ML (yang untuk foto ya gan, bukan ML yang lain hehe...). Ternyata ML adalah software tambahan buat DSLR Canon yang dibuat secara tidak resmi oleh pihak ketiga untuk memaksimalkan fungsi kamera.

Konon pada awalnya Magic Lantern dikembangkan untuk para videografer pengguna Canon EOS 5D Mark II, tetapi sekarang juga bisa dimanfaatkan fotografer dan bisa dipakai untuk beberapa DSLR Canon lain.

Magic Lantern adalah add-on pada firmware bawaan kamera Canon dan hanya terinstal di kartu memori. Cukup dengan format ulang kartu, maka Magic Lantern juga akan hilang. Jadi seharusnya tidak menggangu firmware ori kamera kita.

Berikut ini beberapa fitur istimewa Magic Lantern gan:
  • Kontrol audio, on-screen audio meter, audio monitoring via A/V cable
  • HDR video, kontrol bitrate dan FPS, auto-restart
  • Kontrol presisi ISO, White Balance, dan Shutter Speed. Sebagai contoh: ISO pada kamera standar 550D/600D isonya naik dengan skala 100, dengan Magic Lantern kita bisa memakai tingkat kenaikan ISO per 20
  • Zebra, false colour, histogram, waveform, spot meter, vectorscope
  • Focus peaking, ‘magic zoom’, trap focus, rack focus, follow focus, deteksi gerakan
  • Setting video 30p,40p,50p untuk slow motion
  • Automatic Exposure Bracketing, focus stacking
  • Intervalometer, bulb ramping, bulb timer (sampai dengan 8 jam tergantung tipe kamera gan) –> penting untuk membuat timelapse atau memotret star trail
  • Operasi crop langsung di LCD dan beberapa operasi editing lain
  • Informasi on-screen untuk fokus dan DOF, suhu CMOS, clock
  • 14 bit RAW Video pada beberapa DSLR
  • Manual video exposure di 500D, berguna untuk yang tidak suka versi bawaan kamera yang auto exposure
  • Video mode di 50D, bawaan 50D nggak ada mode video
  • Motion detect, jika diaktifkan akan membuat kamera kita memotret saat ada gerakan di depan lensa
  • Audio Remoteshoot, jika diaktifkan, cukup kita berteriak kamera akan memotret sendiri
  • White Balance dalam angka Kelvin
Membaca fitur-fitur di atas, pastinya saya ngebet banget pengen instal di kamera saya gan. Tapi sayangnya dari beberapa forum, web dan blog hasil pencarian saya, rata-rata hanya membahas Magic Lantern untuk beberapa DSLR Canon berikut az, antara lain :
  • 5D Mark ii (2.1.2)
  • 50D (1.0.9)
  • 60D (1.1.1)
  • 500D (1.1.1)
  • 550D (1.0.9)
  • 600D (1.0.2)
Angka dalam kurung itu versi firmware asli kamera yang didukung gan. Kebetulan saya pengguna entry level 1100D gan, jadi sedih juga kog sama Canon nya tapi  tipe kamera saya gak tercantum, hik..hik.. *-*

Tapi saya gak nyerah gitu az gan, setelah googling sana-sini, akhirnya saya nemu versi stabil yang cocok untuk EOS 1100D, terbukti sudah saya instal di kamera saya dengan sukses dan berjalan dengan lancar jaya gan :D

Buat agan-agan pengguna 1100D yang pengen nyobain, ini saya kasih link donlodnya gan. Jangan lupa di cek dulu firmware kamera agan, ML cuma bisa diinstal kalo kamera agan pake firmware terbaru untuk eos 1100D yaitu versi 1.0.5.

Sekian  dulu sharenya gan, lo udah donlod n pengen instal, bisa digoogling az caranya atau baca disini ^^

1 komentar:

Terima kasih sudah berkunjung, jangan lupa komen-nya ya ^_^