Rabu, 23 Desember 2015

PERNAH DIET BUAT NURUNIN BERAT BADAN???

Diet! Setiap mendengar, membaca, atau melihat kata ini, hampir semua orang langsung membayangkan penderitaan (puasa makan enak hehehe...) yang dialami orang yang menjalaninya. Padahal arti kata diet sebenarnya adalah aturan makanan khusus untuk kesehatan atau bisa juga diartikan sebagai pola makan sehat.

Nah... dari definisi diet di atas, dapat kita pahami bahwa untuk mendapatkan berat badan yang ideal (baik untuk menurunkan atau menambah berat badan), bagi yang ingin menurunkan berat badannya tidak harus mencoret makanan berkarbohidrat atau makanan berlemak dari daftar menu, karena makan tersebut tetap dibutuhkan oleh tubuh. Demikian pula bagi yang ingin menambah berat badan, bukan serta merta mengkonsumsi sebarang makanan dalam jumlah besar.

Ada yang lupa atau malah tidak diketahui oleh kebanyakan orang, yaitu jumlah kalori atau kebutuhan harian tubuh yang harus dipenuhi. Jika menginginkan bentuk tubuh yang ideal, kalori ini tidak boleh lebih atau malah kurang.

Cara menghitung jumlah kalori harian bisa anda donload disini.

Jika anda sudah menghitung kebutuhan kalori harian anda, sekarang saatnya anda mengatur diet untuk mendapatkan berat badan ideal. Berikut saya bagikan pengalaman saya ketika menurunkan berat badan dan berhasil menghilangkan berat badan saya 5 kg dalam 1 bulan. Tentu saja anda harus berkomitmen kuat dan tertib dalam menjalankannya.

Ok langsung aja, ini jadwal diet yang saya terapkan :

1.       Pukul 07.00 sarapan segelas sereal
2.       Pukul 09.00 makan kue (1 potong ) dan minum teh manis
3.       Pukul 12.30 makan siang nasi beserta lauk (1 porsi)
4.       Pukul 15.30 makan kue (1 potong)/buah dan minum manis
5.       Pukul 18.30 minum segelas sereal (pengganti makan malam)

Sebenarnya tips diet ini saya peroleh dari salah satu produk sereal penurun berat badan, tapi karena keterbatasan budget jadi beberapa menu saya ganti seperti buah-buahan yang harganya cukup mahal bagi saya jika sedang tanggal tua hehehe... bahkan serealnya pun saya ganti dengan en**gen yang harganya jauh lebih murah ketimbang produk yang ngasih saya tips ini ^^ (meski dengan produk berbeda, menurut saya tips diet ini tetap bekerja dengan baik)

Terus.... apa hubungannya tips diet ini sama penghitungan kalori harian??? Ada dunk... untuk pemilihan menu, karena kita tidak mungkin menghitung jumlah kalori setiap makanan, kita bisa mengambil perkiraan kalori rata-rata. Dari info yang saya peroleh kalori rata-rata untuk seporsi nasi beserta lauk untuk makan siang sekitar 800 kkal, minuman manis (gula biasa) sekitar 150 kkal, kue seperti donat dll sekitar 150 kkal, dlsb (bisa anda searching sendiri, siapa tau jumlah kalori makanan yang saya tulis salah hehe...)

Jumlah perkiraan ini lah yang kita jadikan acuan, misalnya kebutuhan kalori harian kita untuk aktivitas sedang sekitar 2193,7 kkal, maka dari total perkiraan kalori makanan yang telah kita buat, kita dapat menghitung apakah kita masih perlu untuk menambah asupan nutrisi atau sudah kelebihan asupan. Dengan asupan kalori yang sesuai, berat tubuh akan perlahan-lahan menjadi ideal  karena tidak ada kalori berlebih yang karena tidak digunakan akan ditimbun oleh tubuh menjadi lemak. Jika dalam sehari anda mengkonsumsi makanan melebih batas KKT, cobalah untuk berolahraga  selama 30 menit untuk membakar kelebihan kalori tersebut. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung, jangan lupa komen-nya ya ^_^