Selasa, 24 Februari 2015

Yang punya Kamera Canon, pernah ketemu “err 01”???



Jadi ceritanya gini, waktu pertama beli kamera DSLR, saya browsing di internet buat cari lensa tele yang murah dan bagus (hehe... biasa standar kemauan orang Indonesia) buat memenuhi keperluan saya untuk foto candid. Akhirnya saya ketemu iklan Lensa Tamron 70-300mm 2nd edition alias bekas hehe...
Walaupun tanpa IS (Image Stabilizer) atau anti getarrrr, bagi saya lensa ini sudah cukup lumayan dan yang paling penting harga lensa ini masuk ke dalam pilihan budget bagi tukang foto amatir ber budget “mefet” macam saya, akhirnya saya kontak agan penjualnya n lensa berpindah dengan selamat ke tangan saya ^^

Tetapi setelah barang nyampe, kegembiraan saya langsung berkurang drastis. Karena setelah saya pasangkan ke kamera canon 1100D, ketika saya memilih mode pemotretan yang pengaturan aperture nya otomatik, selalu muncul pesan kesalahan seperti  berikut :

Saya coba membersihkan kontak sirkuit lensa sesuai saran dari kamera, lalu mencoba memotret kembali dan ......................................................
Sama az gan, tetap az gak bisa moto... Err 01 terus gan,,,

Langkah pertama yang saya ambil tentu saja calling penjualnya dunk, dan penjualnya memang kooperatif cuman jawabannya tidak memuaskan saya, dia bilang “Saya juga bingung gan, kadang-kadang di kamera saya gak bisa, tapi pas di kamera temen bisa”. Jawaban diplomatis tanpa solusi.

Akhirnya saya searching di google dan dapat pencerahan bahwa kemungkina fleksibel aperture lensa ini putus. Karena di kota Sampit ini saya gak tau dimana tempat servis kamera apalagi lensa, so saya nekat az cari penjual sparepart kamera online n pesan fleksibel tersebut. Setelah pesanan tiba, saya pun langsung beraksi, bermodalkan alat tempur 1 set obeng kecil yang biasa saya pake buat bongkar2 HP, Lensa tamron 70-300mm akhirnya mejadi korban operasi ilegal saya, ditambah panduan video berikut, saya langsung praktek gan.

1.       Pertama saya lepas penutup lensa bagian belakang (yang ada konektor nya gan)



2.       Lanjut, saya lepas satu persatu semua baut yang menjadi pengunci dari item-item yang ada di lensa

3.    Setelah semua item terlepas, akhirnya ketemu penyebab kerusakan  ini, ternyata Kabel Flexible diafragma, yang fungsinya mengatur bukaan aperture saat kamera menangkap gambar patah gan.


Makanya pas kamera melakukan pengaturan diafragma (aperture) tidak dapat diterjemahkan oleh lensa sehingga muncul lah pesan kesalahan  “err 01”.
Ternyata pemasangan kabel ini di dalam lensa posisinya dilipat dan dilakban gan. Makanya pas lensa ini memanjang (300mm), kabel ini jadi makin kelipat.

Mungkin pemiliknya dulu seneng banget melakukan zoom in dan zoom out lensa, maka sukses dech bikin kabel ini putus…tus...tus...
4.      
         Tidak berlama-lama, karena kabel fleksibel pengganti sudah di tangan, langsung az saya lakukan penggantian (karena untuk beberapa bagian hanya berupa socket sehingga saya yakin bisa menggantinya sendiri ^^
    Tapiiii, ternyata untuk bagian yang menyambung ke dinamo kecil yg fungsinya sebagai penggerak bilah aperture harus menggunakan solder, terpaksa deh saya bawa dinamo dan kabel tersebut ke tukang servis langganan buat bantuin nyolder.
6.   Alhamdulillah, setelah semua selesai dan lensa saya rakit kembali, sampai sekarang fungsi kamera sudah kembali normal tanpa pesan “err 01” lagi,,, horeee....
o.. iya, kalo agan punya masalah sama n cukup waktu buat ngikutin video di atas, agan gak perlu bongkar sampe habis kaya di video gan, cukup sampai kabel fleksibel diafragma bisa terlihat az, jadi gak repot pas ngebalikinnya, trus pas masang kabel fleksibel pengganti jangan dilipat lagi kaya posisi aslinya, soalnya gampang patah, mending biarin az posisinya agak melengkung sehinga tidak gampang patah lagi.

Sekian dari saya, semoga bisa membantu bagi teman-teman dengan masalah yang sama.

untuk gambar2 saya comot dari sini gan

2 komentar:

  1. Sebuah informasi yang sangat bermanfaat. Saya jadi tahu patahnya kabel diafragma. Tks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mas, makasih sdh mampir d blog saya ^^

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung, jangan lupa komen-nya ya ^_^